23 Feb 2012

Ini Bedanya Efek Dehidrasi Pada Pria dan Wanita

Kehilangan cairan tubuh atau dehidrasi kadang tidak disadari. Kebanyakan orang hanya berpikir harus minum air ketika merasa haus. Padahal minum saat sudah kehausan adakalanya sudah merupakan dehidrasi. Dan efek dehidrasi pada pria dan wanita ternyata berbeda.

Efek dehidrasi pada wanita adalah: sakit kepala, kelelahan dan kesulitan berkonsentrasi.

Efek dehidrasi pada pria adalah: kelelahan, ketegangan dan kecemasan

Efek dehidrasi pada pria dan wanita ini terjadi perubahan yang merugikan suasana hati dan gejala substansinya lebih besar pada wanita dibandingkan pada pria, baik saat istirahat dan selama aktivitas fisik. Bahkan dehidrasi ringan dapat mengubah suasana hati, tingkat energi dan kemampuan untuk berpikir jernih.

Dua studi yang dilakukan University of Connecticut's Human Performance Laboratory meneliti efek dehidrasi pada pria dan wanita. Hasil studi tersebut telah diterbitkan menurut dalam Journal of Nutrition edisi Februari 2012 dan British Journal of Nutrition pada bulan November 2011.

"Bahkan dehidrasi ringan yang dapat terjadi selama aktivitas normal sehari-hari dapat menurunkan suasana hati, terutama bagi wanita. Karena wanita tampaknya lebih rentan terhadap efek buruk dari rendahnya tingkat dehidrasi daripada pria. Perubahan suasana hati yang buruk pada pria dan wanita mungkin membatasi motivasi yang diperlukan untuk terlibat dalam latihan aerobik sedang. Dehidrasi ringan juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari lainnya," kata Harris Lieberman, seorang peneliti dari Military Nutrition Division, US Army Research Institute of Environmental Medicine, Boston seperti dilansir dari Epharmapedia, Rabu (22/2/2012).

Penyebab wanita dan pria begitu terpengaruh oleh dehidrasi ringan tidak jelas, sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Tetapi penelitian lain telah menunjukkan bahwa neuron di otak mendeteksi dehidrasi dan mungkin menandakan bagian lain dari otak yang mengatur suasana hati saat dehidrasi terjadi.

Proses tersebut dapat mengingatkan banyak orang mengenai pentingnya air minum bagi kesehatan tubuh dan mental serta konsekuensi jika terjadi dehidrasi. Agar tetap terhidrasi dengan baik, para ahli seperti merekomendasikan bahwa sebaiknya orang minum 8 gelas air sehari, yang kira-kira setara dengan sekitar 2 liter air.

Orang dapat memeriksa status hidrasi tubuh dengan memonitor warna air seni atau urine. Urine harus berwarna kuning sangat pucat pada orang yang terhidrasi dengan baik. Urine yang kuning gelap atau berwarna cokelat mengindikasikan dehidrasi yang lebih besar. Hidrasi yang tepat sangat penting bagi kelompokyang berisiko tinggi, seperti orang tua, orang dengan diabetes, dan anak-anak.



 Sumber :    health.detik.com

ads

Ditulis Oleh : ferdinand hegemur Hari: 01.18 Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Lirik

More on this category »

Info Super 5

More on this category »

Kuliner

More on this category »

Info Super 7

More on this category »

Tips

More on this category »

Info Super 10

More on this category »