23 Mei 2012

Cara Terbaik Mengatasi Insomnia


Siapa yang gak kenal kata Insomnia? Insomnia dapat diartikan sebagai suatu keadaan yang mana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. Rata rata setiap orang pernah mengalami insomnia sekali dalam hidupnya. Apalagi dengan pola hidup jaman sekarang, orang yang mengalami insomnia sudah sebesar 30 – 50% dari seluruh dunia. Contoh terburuk dari Insomnia bisa dilihat disini: Pria Ini Tak Tidur Selama 30 Tahun

Jadi bagaimana mengatasinya? Selain konsultasi ke dokter, berikut kami sajikan cara terbaik mengatasi Insomnia.


Olahraga teratur
Lakukan olah raga teratur. Menurut penelitian berolah raga dengan teratur dapat membantu masalah dengan tidur. Olah raga paling baik dilakukan pada pagi hari. Dengan berolah raga, sirkulasi darah dan kerja organ tubuh akan menjadi lebih baik lagi. Olahraga yang cukup (tidak berlebihan) maka akan menyebabkan tubuh terutama otak akan menjadi rileks dan segar.


Kurangi konsumsi kafein
Kafein dipercaya dapat mencegah kantuk. Karena itu jika Anda seorang pecandu kopi lebih baik mengkonsumsinya ketika pagi hari atau empat jam sebelum tidur.

Perhatikan waktu makan
Makan terbaik ketika malam hari adalah empat jam sebelum waktu normal Anda tidur. Jarak makan yang terlalu dekat dengan waktu tidur justru akan meningkatkan metabolisme dan suhu tubuh, sehingga membuat tidur semakin sulit. Dengan cara ini, Anda juga dapat menjaga berat badan, mengingat tidur setelah makan besar akan banyak menyimpan lemak. Bila malam kelaparan, segera perbanyak minum air putih atau mengkonsumsi buah jeruk dan sedikit beras merah.

Lakukan aktivitas yang menyenangkan sebelum tidur
Tidur adalah aktivitas yang penting, sama halnya dengan aktivitas yang lain. Karena itu perlakukan aktivitas tidur dengan istimewa. Bila memang sulit tidur selalu datang. Mandilah dengan air hangat yang telah direbus bersama daun sere dan garam. Nikmati ritual mandi malam serta lepaskan segala beban hidup Anda hari itu. Putar lagu lembut favorit sembari berdoa dengan penuh rasa syukur. Matikan lampu dan Anda akan segera terlelap.

Tempat tidur hanya untuk tidur
Tempat terbaik untuk tidur adalah kamar tidur. Ya, jauhkan kamar tidur dengan televisi, majalah, meja kerja atau apapun yang mengganggu aktivitas tidur Anda. Jadikan tidur Anda adalah aktivitas yang penting untuk menunjang aktivitas Anda di waktu pagi. Jika Anda telah melakukan, Selamat! Anda telah fokus untuk tidur.

Tidur dan bangunlah dalam periode yang teratur
Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang tidak teratur akan menyebabkan jam biologis Anda terganggu. Lakukan aktivutas tidur sebagaiman atlet olahraga melakukan aktivitasnya.


ads

Ditulis Oleh : ferdinand hegemur Hari: 02.00 Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Lirik

More on this category »

Info Super 5

More on this category »

Kuliner

More on this category »

Info Super 7

More on this category »

Tips

More on this category »

Info Super 10

More on this category »