-->

Manfaat Musik Bagi Tubuh Kita


Musik memang sudah menjadi bagian tak terpisahkan lagi dari kita. Dalam suasana tertentu musik bisa membangkitkan semangat atau sekedar menghibur hati yang sedih. Berikut beberapa manfaat musik untuk tubuh kita

Meningkatkan Mood

Setiap orang memiliki selera musik berbeda dan reaksi orang terhadap musik juga berbeda. Namun ternyata dengan mendengarkan musik bisa membantu meningkatkan mood kita. sebuah penelitian 2011 di Kanada, yang diterbitkan jurnal Nature Neuroscience menunjukkan bahwa mendengar musik favorit Anda dapat membantu mencairkan suasana hati yang buruk.

Membantu Untuk Fokus

Siapa yang sangka ya jika mendengarkan musik malah membuat kita mudah untuk berkonsentrasi. Sebuah alat digital tonic yang biasa disebut Ubrain, mengklaim dapat membantu pikiran fokus serta rileks.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Ternyata dalam sebuah riset di Brunel University, London menyebutkan bahwa musik dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sebesar 15 persen, meningkatkan semangat dan efisiensi energi 1-2 persen. Anda bisa memilih lagu yang sesuai dengan tempo olahraga yang anda lakoni.

Membuat Kesehatan mental lebih baik

Manfaat musik lain yang amat positif adalah ternyata musik bisa menjadi pengobatan efektif bagi orang-orang yang kesehatan mentalnya terganggu.

Meredakan stres

Saat sedang stress kita memang cenderung menyendiri dan mendengarkan musik ternyata menurut riset dari sebuah lembaga sosial kesehatan mental menunjukkan, hampir sepertiga orang mendengarkan musik untuk memberikan semangat ketika sedang bekerja.

Perawatan pasien

Ini juga penting bahwa musik memiliki dampak positif yang cukup signifikan bagi pasien dengan penyakit jangka panjang seperti halnya penyakit jantung, kanker dan kondisi pernapasan. Berbagai percobaan telah menunjukkan bahwa musik dapat membantu menurunkan detak jantung, tekanan darah dan membantu meredakan rasa sakit, kecemasan dan meningkatkan kualitas hidup pasien.


LihatTutupKomentar