22 Mei 2012

Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan


Acara yang mampu mengocok perut tak pernah usang oleh waktu. Lihat saja, dari dulu hingga sekarang, di layar kaca maupun bioskop bermunculan acara dan film humor yang menghibur, mulai dari srimulat hingga standup comedy. Dalam seni pertunjukkan negeri ini pun kerap kali skenarionya menyematkan unsur humor untuk mengundang rasa tawa. Aktivitas bersendau gurau nan santai ini tentu telah menjadi bagian dari seluruh aktivitas yang dijalani anak-anak hingga lansia. Aktivitas tersebut tidak hanya mujarab untuk mengembalikan pikiran yang positif, tapi juga memberikan manfaat kesehatan. Wow, menarik bukan?

Ada beberapa poin positif yang dipertika dari aktifitas ‘hahaha’ alias tertawa ini, bahkan sudah ada yang menjadikannya sebagai bagian dari terapi kesehatan. Diambli dari artikel kesehatan ‘The Health Benefit of Laghter” pada situs Senior Health Medicare, terdapat beberapa manfaat positif dari tertawa bagi kesehatan, yaitu:

1. Membantu mengurangi rasa sakit. 
Hal ini telah diteliti dr. Lee Berk, Pengajar Bidang Kesehatan Masyarakat dari Loma Linda University, Amerika Serikat. Dalam penelitian tersebut, terlihat bagaimana beberapa sampel darah dari responden yang telah diinformasikan 3 hari sebelumnya akan menonton film komedi, mengalami peningkatan sebesar 27% pada hormone beta-endorphins, sebuah hormone alamiah penekan rasa sakit.


2. Kesehatan Jantung.
Manfaat tertawa lainnya adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini dibuktikan oleh Michael Miller MD FACC, Direktur Bidang Kardiologi Preventif dari University of Maryland Medical Miller, Amerika Serikat. Menurut Miller, dengan tertawa memungkinkan lapisan dalam pembuluh darah menjadi lebih lebar. Otomatis aliran darah berjalan lebih lancar, karena mampu mengurangi penyumbatan darah.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh.
Dr. Lee Berk juga membukatikan bahwa tertawa dapat meningkatkan jumlah dan tingkat aktivitas natural killer cells untuk menyerang sel jahat, seperti kanker. Ia juga dapat membantu menangani infeksi seluran pernapasan atas, serta meningkatkan gamma interferon, yaitu sejening protein yang mampu mengaktifkan komponen-komponen penunjang system kekebalan tubuh.

Jadi, tunggu apa lagi, tertawalah dengan riang dan sesuka hati. Bersosialisasilah dengan teman-teman yang dianugerahi bakat melucu atau ajaklah teman atau kerabat untuk menonton acara-acara komedi, sehingga manfaat tertawa bisa dirasakan bersama.












ads

Ditulis Oleh : ferdinand hegemur Hari: 08.40 Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Lirik

More on this category »

Info Super 5

More on this category »

Kuliner

More on this category »

Info Super 7

More on this category »

Tips

More on this category »

Info Super 10

More on this category »