25 Mei 2012

Tips Mudah Mengenali Makanan Mengandung Zat Berbahaya


Saat ini banyak makanan dan minuman yang mengandung zat-zat berbahaya bagi kesehatan namun kali ini yang menjadi permasalahan adalah bagaimana untuk mengenalinya.  Makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi dengan bahan kimia berbahaya memang tidak gampang dikenali namun bukannya tidak mungkin, ada beberapa cara untuk mengenalinya. Seperti pada artikel sebelumnya awas nugget sisa limbah beredar, kenali ciri-cirinya, Yuk kita lihat seperti apa ciri-cirinya bahan makanan dan minuman berbahaya tersebut.


Bakso
Bakso yang mengandung boraks biasanya kenyal dan mudah dipantulkan seperti layaknya sebuah bola, itu berarti bakso tersebut banyak mengandung boraks.  Tanda-tanda lainnya adalah apabila bakso tersebut digigit maka bentuk gigitannya mudah kembali ke bentuk semula.

Daging
Daging gelonggong atau daging yang diisi air dapat dikenali dari air yang menetes apabila digantung. Jika ada air yang menetes saat daging tersebut digantung berarti daging tersebut daging gelonggongan.  Warna daging asli biasanya masih merah dan serat-seratnya tidak menggelembung.

Saos
Saos yang warnanya membekas di tangan menunjukkan bahwa saos tersebut menggunakan pewarna tekstil dan ini dapat menyebabkan kanker.

Tahu
Tahu putih yang terlalu keras dicurigai mengandung formalin walaupun untuk tahu kuning sendiri belum diketahui apakah mengandung formalin atau tidak.

Daging Ayam
Daging ayam yang masih segar berwarna agak kekuning-kuningan kalau berwarna putih bersih dicurigai dari bekas ayam mati.  Daging ayam ada juga yang direndam formalin agar awet dan ini dapat diketahui dengan menekan dengan jari telunjuk, apabila keluar air atau lendir berarti pernah direndam dengan formalin.

Ikan
Ikan basi jika ditekan justru menjadi lembek dan warna insang tampak merah tua maka itu cirinya ikan basi atau diberi formalin.  Lebih baik dengan membeli ikan hidup yang masih segar.
Satu lagi bahaya yang sering tak disadari adalah kemasan dari plastik, styrofoam, dan melamin. Jika kemasan itu diisi dengan bakso panas, soto panas, teh panas, dan makanan atau minuman serba panas akan dapat menyebabkan kanker.  Nah food lovers, mulai sekarang perlu berhati-hati ya terhadan makanan tersebut, perhatikan dengan teliti sebelum membeli ya!


ads

Ditulis Oleh : ferdinand hegemur Hari: 19.36 Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Lirik

More on this category »

Info Super 5

More on this category »

Kuliner

More on this category »

Info Super 7

More on this category »

Tips

More on this category »

Info Super 10

More on this category »