$type=slider$snippet=hide$cate=0

Apa & Mengapa Mereka Bunuh Diri...???

Setiap dua hari sekali, di Jakarta terjadi bunuh diri. Begitu banyaknya kasus bunuh diri belakangan ini, memang memprihatinkan. Banyak ora...

Setiap dua hari sekali, di Jakarta terjadi bunuh diri. Begitu banyaknya kasus bunuh diri belakangan ini, memang memprihatinkan. Banyak orang mengambil jalan pintas untuk mengakhir problemnya dengan mengakhiri juga hidupnya. Dan orang sudah tidak takut lagi melakukan bunuh diri. Alasan seseorang bunuh diri begitu pribadi dan tidak bisa diketahui, namun meresahkan. Bagaimana tanda-tanda pada orang yang merencanakan bunuh diri? Dan bagaimana sebagai orang terdekat dan keluarga, kita bisa membantunya mengatasi perasaan ingin bunuh diri?


Mengapa Kehidupan Diakhiri dengan Bunuh Diri?

Banyak orang memilih mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri sebenarnya tidak sungguh-sungguh ingin mati. Mereka bunuh diri untuk mengakhiri apa pun yang sedang terjadi. Beberapa surat pesan terakhir dari orang yang bunun diri sering mengandung kata-kata bahwa mereka sebenarnya tidak ingin mati, tapi hanya ingin mengakhiri problemnya.
Kata-kata seperti "Saya sudah tidak tahan lagi!", atau, "Buat apa saya hidup?" bisa menjadi petunjuk yang memperlihatkan keinginan yang kuat untuk terbebas dari kerasnya realitas kehidupan. Dan jika mereka sudah dalam taraf yang tidak mampu mengatasinya, jalan pintas bunuh diri menjadi solusi terakhir bagi mereka.

Pemicu Bunuh Diri

Meskipun alasan orang yang melakukan bunuh diri berbeda-beda, peristiwa-peristiwa tertentu dalam kehidupan pada umumnya memicu bunuh diri. Berikut ini beberapa alasan utama yang memicu seseorang sampai melakukan bunuh diri:
  • Masalah sekolah

    Beberapa remaja bahkan sering bunuh diri karena masalah nilai di sekolah yang buruk, stres karena ujian, atau khawatir dengan masa depannya.
  • Masalah keluarga

    Beberapa remaja dalam keluarga yang berantakan, lebih rentan bunuh diri. Selain itu, beberapa kasus bunuh diri juga dipicu karena problem dalam perkawinan.
  • Problem pekerjaan dan finansial

    Bagi orang dewasa, kebanyakan kasus bunuh diri karena problem finansialmaupun masalah pekerjaan. Usaha yang bangkrut, ataupun karena dipecat dari pekerjaan, membuat mereka tidak berani menghadapi masa depan dan mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.
  • Penyakit

    Bagi beberapa orang yang menderita penyakit yang tak kunjung sembuh, juga akhirnya mengambil tindakan untuk bunuh diri. Atau kaum lansia yang sudah tak sanggup lagi menanggung penderitaan akibat penyakit fisik, memilih bunuh diri.

Memang tidak semua orang memilih untuk bunuh diri. Bahkan sebagian besar orang mampu menghadapi problem yang bahkan jauh lebih berat, tanpa perlu bunuh diri. Jika demikian, mengapa ada orang-orang yang memandang bunuh diri sebagai jawaban untuk masalah mereka?

Faktor Bunuh Diri

Banyak keputusan untuk bunuh diri bisa jadi bergantung pada cara menyikapi berbagai peristiwa. Banyak orang dapat menanggung depresi yang berat sekalipun selama mereka yakin bahwa keadaan akan membaik. Jika pikiran tetap dijaga positif dan sehat, tidak akan menyikapi peristiwa apa pun sebagai sesuatu yang begitu menghancurkan. Itu sebabnya banyak orang berhasil menanggulangi depresi dan tidak sampai bunuh diri.
Namun tekanan dan problem seperti rem pada kendaraan. Jika ditekan terus menerus, rem bisa menipis. Demikian juga mental seseorang, jika tekanan terus menerus dan bertubi-tubi, serta keputusasaan yang menumpuk, hal ini bisa mengikis kesanggupan sistem mental seseorang untuk menahan dorongan bunuh diri. Kemampuan mental untuk berpikir positif secara perlahan melemah dan memperkuat keinginan bunuh diri.
Selain itu, terdapat juga faktor-faktor lainnya yang membuat seseorang mengambil tindakan bunuh diri. Berikut ini beberapa faktor tersebut:
  • Gangguan mental

    Beberapa gangguan mental seperti gangguan bipolar dan skizofrenia menyebabkan seseorang memiliki dorongan yang lebih kuat untuk bunuh diri.
  • Kecanduan

    Beberapa kasus bunuh diri dilakukan oleh mereka yang memiliki kebiasaan menggunakan narkoba dan alkohol.
  • Bawaan genetik

    Beberapa orang mewarisi gen dengan emosi yang lemah dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa dalam beberapa garis keluarga terjadi banyak kasus bunuh diri. Anggota keluarga yang salah seorang di garis keturunannya pernah bunuh diri, lebih berisiko melakukan bunuh diri.
  • Kondisi otak

    Otak kita memang unik. Susunan kimiawi otak bisa membuat seseorang lebih kuat dalam menghadapi problem. Kadar serotonin yang rendah khususnya di dalam otak, dapat membuat mood seseorang menjadi buruk, membuat tidak bahagia, mengurangi minat seseorang pada keberadaannya, dan berisiko menjadi depresi dan bunuh diri.


Tanda-Tanda Bunuh Diri

Meskipun ada banyak alasan bunuh diri, namun tanda seseorang ingin bunuh diri bisa terlihat dalam satu atau lebih sikap berikut ini:
  • Putus asa dan depresi

    Jika seseorang terlihat putus asa dan depresi, ini bisa menjadi pertanda ke arah bunuh diri. Namun tidak semua orang yang mengalami keputusasaan dan depresi berujung pada bunuh diri. Ini merupakan salah satu tanda awal saja.
  • Perasaan kehilangan

    Seseorang yang secara tiba-tiba kehilangan sesuatu, entah orang yang disayangi ataupun kehilangan pekerjaan, juga patut diperhatikan lebih serius. Ini juga merupakan salah satu tanda awal terjadinya bunuh diri.
  • Bicara tentang ingin mati atau bunuh diri

    Jangan tertawakan atau sepelekan ketika seseorang mengatakan menyatakan ingin mati, atau bahkan mengungkapkan ingin bunuh diri. Bahkan meski ungkapan tersebut hanya secara sambil lalu. Ini bisa jadi ungkapan hatinya yang terdalam yang harus segera mendapat respon. Kata-kata seperti "Saya sudah tidak tahan lagi", "Mereka tidak perlu mengkhawatirkan saya", atau "Mereka akan lebih baik tanpa saya", merupakan contoh pernyataan yang umum diungkapkan oleh mereka yang akhirnya bunuh diri.
  • Percobaan bunuh diri

    Ini merupakan tanda yang cukup serius jika seseorang pernah satu atau beberapa kali mencoba bunuh diri namun tidak berani. Beberapa kasus yang lebih ringan, seperti sikap yang bermain-main dengan maut dan tidak takut mati.
  • Membuat wasiat

    Meski warisan harus direncanakan sejak awal, tapi jika dalam situasi tertentu yang tidak lazim, seseorang yang ingin bunuh diri akan mulai membuat surat warisan dan membagi barang-barang berharganya.
  • Perilaku dan sikap yang berubah

    Sikap mulai menarik diri dan menutup diri serta terasing secara sosial setelah mendapat masalah, perlu menjadi perhatian serius. Jangan sampai mereka yang sedang depresi dan putus asa berada dalam situasi kesepian. Beberapa ungkapan seperti menyatakan diri tidak berguna, perlu ditanggapi dengan serius.


Mencegah Bunuh Diri

Keinginan untuk bunuh diri seperti sebuah penyakit. Namun dengan penanganan yang tepat, keinginan itu bisa diobati dan disembuhkan. Jika Anda sedang menghadapi masalah yang berat, dan mulai memperlihatkan tanda-tanda seperti yang diuraikan di atas, langkah-langkah berikut ini telah terbukti sebagai obat yang ampuh untuk mengatasi keinginan bunuh diri:
  • Atasi masalah gangguan mental dan kecanduan

    Jika Anda memiliki masalah sehubungan dengan gangguan mental maupun kecanduan, segeralah hubungi ahlinya seperti psikiater. Mereka tahu cara terbaik untuk mengatasi dan merehabilitasi Anda.
  • Atasi perasaan kesepian dan segeralah bicarakan masalahnya

    Orang yang cenderung ingin bunuh diri, menganggap problemnya terlalu besar dan tidak dapat diatasi. Dan tidak ada seorangpun yang bisa diajak bicara. Jangan takut akan hal itu, segeralah berbicara dengan orang terdekat Anda. Keluarga Anda, seperti orang tua ataupun pasangan hidup adalah orang yang paling dekat yang bisa memahami Anda.

    Banyak kasus bunuh diri, karena timbulnya perasaan kesepian. Segeralah cari teman yang bisa menjadi tempat mencurahkan perasaan Anda.


Membantu Orang yang Ingin Bunuh Diri

Apa yang harus Anda lakukan, jika seseorang sering mengatakan tidak tahan lagi dengan kehidupannya atau bahkan orang tersebut sudah mulai menyatakan secara langsung maupun tersirat bahwa mereka sudah tidak ingin hidup lagi? Beberapa langkah berikut telah berhasil mengatasi keinginan bunuh diripada banyak orang.
  • Jadi pendengar yang baik

    Cobalah jadi pendengar yang baik. Dalam banyak kasus, orang yang ingin bunuh diri biasanya menarik diri dan tertutup. Cobalah mendekatinya dan sadarilah bahwa kepedihan atau keputusasaan yang sedang ia rasakan benar-benar nyata.

    Coba secara halus menyebutkan bahwa Anda melihat beberapa perubahan sikap dan perilakunya sehingga dapat menggerakkan dia untuk membuka diri dan mencurahkan perasaannya kepada Anda.
  • Berempati

    Coba dalami perasaannya, dan katakan bahwa ia sangat berarti untuk Anda maupun orang lain. Jika ia bunuh diri, hal ini akan membuat hancur Anda dan orang lain juga.
  • Jauhkan benda berbahaya

    Jauhkan darinya benda berbahaya apapun yang bisa menjadi alat untuk bunuh diri. Pelaku bunuh diri biasanya melihat banyak alat yang tersedia di sekitarnya membuatnya memantapkan tekad untuk bunuh diri. Misalnya tali, pisau, cutter atau bahkan senjata api.
  • Minta bantuan medis

    Untuk kasus yang sudah cukup ekstrem, segeralah memanggil bantuan medis untuk menangani masalahnya. Misalnya sudah terjadi gangguan mental yang serius, Anda bisa segera menggunakan bantuan medis seperti psikiater atau rumah sakit jiwa yang tahu cara terbaik menanganinya.


Bunuh Diri Bisa Diatasi

Bunuh diri bukanlah jalan keluar terakhir. Semua problem berat bisa diatasi, dan banyak orang telah berhasil melakukannya. Kehidupan Anda sangat berharga termasuk bagi orang lain.

Kata Kunci Poatingan:

COMMENTS

Name

.,1,100 tqhun titanic,1,acara asik,2,ada ada aja,6,adele,1,against me,1,Agama Islam,1,agnes monica,2,ahmad dhani,1,ajang pencarian bakat,1,aksi memukau,3,Aku,1,alami,3,alat terunik,1,alkoholik,2,All +18,25,ampuh,3,anarki,1,android,1,aneh,3,aneka museum,1,anjing,1,anjing dan penyakit,1,anjing pintar,1,Antariksa,4,Antariksa. Galaxy,6,antisipasi penipuan,2,antivirus,1,apa aja,2,Apriani,1,ArjeN Robben,1,arti,1,artikel,16,artikel kesehatan,6,artis,5,artis indonesia,3,artis manca negara,4,artis porno,1,Artis Porno Indonesia.,1,asiknya,1,assumptions,2,astronomi,1,awan,1,Awet muda,1,baby,1,bagian komputer,1,bahaya,2,Bahaya Jajanan,1,ban pecah,1,Bancilona,1,band,1,Band Nidji,1,Band Queen,1,bank,1,barcelona,1,Bayern Munchen,1,bayi dan balita,1,beasiswa Gratis,1,Belajar,4,benda,1,benteng,1,berita lady gaga,2,berita terbaru Lady Gaga,1,best man,1,best snake,1,binatang buas,1,biologi,14,biologi sel,7,Bokong gede,1,bruno mars song,1,buah buahan,1,Bugil,2,buku,1,bulan,1,bumi kita,6,bunker,1,Cantik,5,cara,1,cara menghilangkan jerawat,1,cara pidato,1,cegah insomnia,1,cegah penipuan,1,cerita cewek,2,cerita dewasa,2,cerita lucu,3,cerita seram,1,cewek,7,cewek bercinta,2,cewek cantik,4,cewek hot,3,cewek jorok,1,Cheat,2,Chelsea,1,Christian Chavez,1,CIA,1,cinta,6,ciri,3,ciri wanita,9,Cosmetic,1,cowok emo,2,daftar film,2,dancing,1,data,1,dewasa,5,Didier Drogba,1,diet,4,Doa,2,Dunia Hewan,5,dunia tumbuhan,2,editan Messi,1,Education,1,ekonomi,3,ektrim style,1,emosional,1,Euro,3,exrim food in indonesia,2,extrim food indonesian,1,Facebook,3,fakta,6,fakta misterius,3,Family,1,Fashion,5,fashion and style,2,fauna,1,fenomenal,2,fiktif,1,film,6,film dewasa,2,Final Euro 2012,3,Fisika,1,Foto panas Jade Marcela,1,Foto Unik,2,gadget,11,gadis emo,2,gairah cinta,2,Galaxy,3,Gambar,1,gambar anang dan ashanty,1,gambar dewasa,3,Gambar Love Papua,1,gambar lucu indonesia,2,Gambar Papua,1,gambar vespa,1,Game,5,Game keren,2,game merusak,1,GAME ON LINE,2,games,3,gaul,1,gaya,2,Gempa,1,Gila Bola,1,Gila.,1,girl Band,1,GIRL GAME,1,gizi,1,go,1,gunung angker,1,Gunung Berapi,1,gunung salak,1,hacker,1,hacker cewek,1,handphone,1,hantu,11,hantu lucu,2,hanya di indonesia,3,heboh,2,hewan,8,hewan buas,3,Hewan Pembawa Penyakit,1,hewan pintar,1,Hiburan,32,Hobbyku,1,hoby belanja,1,horor jepang,3,Hot Artis,2,Hot lady Gaga,1,hukum,4,hukum bumi,1,hukum terpenting,1,humor,5,I am Red,1,ibu korea,1,ilmu,3,ilmu pengetahuan,6,Ilmu Pengetahuan Alam,20,imunitas,1,Indonesia,10,Indonesian Idol,2,infeksi,1,Info,70,info bola,4,Info Film,5,info game,3,info kesehatan,32,Info olahragawan,5,Info Sepak Bola,4,Insomnia,1,Internet,9,investasi,1,Ipa,21,isi hati,1,Jade Marcela,1,jade Marcela Nude,1,Jade Marcela Telanjang,1,jaga kehamilan,1,Jaringan,1,jaringan komputer,4,jatuh cinta,2,jejaring sosial,1,jenis kucing,1,jenis sepatu,1,jepang,3,jerawat,2,julia Peres,1,Jupe bugil,1,Jupe telanjang,1,K-POP,1,kabel komputer,1,kamera,2,kampus angker,1,kanibalisme,1,karya tulis,1,Kata,18,kata ampuh cinta,7,kata cinta,4,kata indah,10,kata indah buat umat kristiani,1,kata indah islam populer,1,kata islam,1,kata kristiani,1,kata lucu,6,Kata Mutiara,3,katy Perry,1,kebiasaan cewek,3,kebiasaan saat tidur,3,Kecantikan,4,kegemukan,1,kehadiran hantu,1,kehidupan,3,kejadian seputar sex,1,kejahatan,1,kekerasan Hewan,1,kendaraan tentara,1,Keren,1,Kesehatan,74,kesehatan anak,1,ketombe,1,kiamat.,1,kiat selingkuh,1,kisah,1,Klub night,1,kocak,5,kode,2,kom,1,komputer,16,konser lady Gaga,1,Konsumsi,1,kontrovers lady gaga,1,korea,4,Kowawa,1,Kuliner,14,Kulit,1,lady gaga,4,lady gaga ke indonesia,1,lagu bagus,1,lagu baru,1,Lagu baru Syahrini,1,lagu lady gaga,1,lagu sule,1,langkah langkah Pilates,1,langsing,2,legenda jepang,1,liburan,2,Life style,30,liga,1,Lionel Messi,1,lirik,19,litle monster,1,lover's,2,lucu,11,lukisan sejarah,1,Lupus,1,macam awan,1,makanan khas,4,makanan Sehat,8,makanan tidak sehat,2,makanan unik,6,malaysia vs indonesia,1,manchester united,1,manfaat buah,1,manfaat protein,1,mantap,2,mantra,1,manusia unik,1,mario balotelli,1,markas tentara,1,Mars,2,masalah,1,masalah berat badan,1,mayat hidup,1,melihat hantu,1,menakutkan,1,mencegah lemak,1,Menghemat,1,Menghemat Pulsa,1,merawat,1,meriah,1,messi,1,metode,1,michael bolton,1,Mimpi,3,minimalis,1,minuman keras,1,minuman sehat,1,Miras,2,misteri,14,mistis,1,mitos,2,Motivasi,10,motor,1,Motto ku,1,MU,1,Mutiara Kata,2,naksir,1,Nama Gereja,1,nama pemain film porno,1,narkoba,1,nenek gaul,2,nikah unik,2,obat,7,obat insomnia,1,obat jerawat,2,obat obatan,2,obat palsu,1,olahraga,8,online,1,operasi Kelamin,1,orang unik,2,otomotif,2,paling unik,2,Palnet,2,pantangan,2,pantun,1,papua,1,party,1,party place,1,pc,1,pelajaran,14,pelukis,1,pemalsuan gelar,1,pembajakan,1,pembalap cantik,1,pembalap seksi,1,pemberani,1,pemeran mesum,1,pemuda rusak,1,penampakan,1,Penampilan Lady Gaga,1,pencegahan penyakit,4,pendidikan,15,Pendidikan anak,2,Penelitian,1,penembak,1,pengemis,1,pengertian,3,Pengetahuan,61,Pengetahuan Alam,2,penjahat,1,penolakan lady gaga,1,Penyakit,18,Penyakit modern,1,perawatan,1,Percakapan dengan Sule.,1,Pernikahan aneh,2,pernikahan artis,1,pesan kristiani,1,pesawat,1,photo galery,23,pidato,1,Pikiran,1,Planet,6,pocong,3,Pocong lucu,3,polisi,2,porno merusak,2,pria,6,prinsip,1,program komputer,1,ps2trik,2,psikologi,1,Psk Tua,1,psykologi,1,puasa,1,puisi,4,Pulsa,1,raisa,1,raisa andriana,1,Ramadhan,1,rasta,1,rcti,1,Record Komentar Facebook Terbanyak,1,Red Army,1,red devil,1,romantisme,2,rumah,3,rumah modern,1,rumah sakit,2,SAINS,1,sAluran kencing,1,sandal terunik,1,sandal unik,1,sandi,1,sang presiden,2,Sehat,9,sejarah,1,sejarah Film,1,sejarah internet,1,sejarah pembuatan komputer,1,Sekolah,1,Seksi,2,sel,1,selebritis,3,selingkuh,2,Semboyan,1,sepak bola,2,sepatu unik,1,seram,3,Seru-seruan di twitter,1,setan,1,sexy,3,sifat manusia,3,Similiar,1,Similiar site Search.,1,sinting,1,Sistem Ekskresi,1,sistem komputer,2,Site search,1,smartphone,2,softwere,1,Sopir Xenia maut,1,spyderman,3,Sugesti,1,suka belanja,1,suka sama kamu,1,sule,1,sup,1,super,1,super 10,33,super 5,31,Super 7,36,survival,1,sushi,1,Teknologi,8,telanjang,1,tentang ibu hamil,1,tentang musik,1,terbaru,1,tertawa itu sehat,1,tipe awan,1,Tips,38,tips alami,3,tips selinguh,1,Titanic,2,togel,1,tokoh,1,tom gabel,1,top house,1,Tracey Hodgson,1,tradisi,1,TransGender,4,trend,1,trik,2,trik komputer,1,trik umum,1,Tsunami,1,tubuh,8,Tugu Tani.,1,tv,1,twitter,1,ular berbisa,2,ular unik,1,ungkapan,1,unik,21,unik banget,2,up date,13,uranus,1,urin,1,us army,1,Video,2,virus,1,virus komputer,1,wallpaper,1,wanita,27,wars,1,warung,1,WEBSITE,3,Website Mirip.,1,
ltr
item
SUKA SUKA 'SA: Apa & Mengapa Mereka Bunuh Diri...???
Apa & Mengapa Mereka Bunuh Diri...???
http://3.bp.blogspot.com/-y234rimqvBk/T_gSbwYOK1I/AAAAAAAAAHE/MU8QfchPrvk/s1600/bunuh-diri.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-y234rimqvBk/T_gSbwYOK1I/AAAAAAAAAHE/MU8QfchPrvk/s72-c/bunuh-diri.jpg
SUKA SUKA 'SA
http://ferdinand-hegemur.blogspot.com/2012/07/setiap-dua-hari-sekali-di-jakarta.html
http://ferdinand-hegemur.blogspot.com/
http://ferdinand-hegemur.blogspot.com/
http://ferdinand-hegemur.blogspot.com/2012/07/setiap-dua-hari-sekali-di-jakarta.html
true
3449646563493673942
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy