-->

Tips Jaga Kesehatan Lambung Saat Puasa


Puasa adalah salah satu ibadah utama. Ibadah puasa insya Allah akan terasa lebih nyaman kalau lambung kita sehat. Seperti diketahui, salah satu masalah kesehatan yang sering dikeluhkan saat puasa adalah kambuhnya penyakit maag, akibat saluran cerna kita tidak mendapat makanan maupun minuman selama +/- 14 jam.
Dari penelitian yang dilakukan oleh para ahli memang terjadi peningkatan asam lambung saat puasa dan akan kembali normal setelah puasa selesai. Selain itu lambung juga akan mengadakan proses adaptasi dengan pola makan yang berubah, sehingga seringkali pada awal-awal puasa keluhan sakit maag ini meningkat.
Menurut ahli gizi klinik, Dr Samuel Oetoro MS SpGK, untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, setiap orang harus mene -rapkan pola hidup sehat dan bugar. Pola hidup sehat dan bugar berarti kita harus melakukan 5S yaitu Makan Sehat , Berpikir Sehat , Istirahat Sehat, Aktivitas Sehat dan Lingkungan Sehat.
Dalam hal Makan Sehat, kita harus memperhatikan tiga hal, yaitu jumlah , jadwal dan jenis makanan. Hal ini pun perlu diterapkan saat berpuasa, agar ibadah tersebut dapat dilaksanakan sebaik mungkin tanpa gangguan lambung.
Ada beberapa tips sederhana untuk menjaga lambung tetap sehat selama puasa: Jangan lewatkan sahur dan jangan tunda berbuka.
Jika timbul gejala sakit maag seperti : sendawa asam, mual, mulas, nyeri uluhati dan kembung, maka asam lambung dapat dinetralkan dengan minum obat maag sebelum sahur, saat berbuka dan sebelum tidur malam.

Tips Sehat Sahur
1. Sahurlah mendekati imsak
2. Makanlah makanan yang mudah dicerna,
    misal : sedikit nasi, telur, sayur, tempe/tahu.
3. Minumlah air hangat atau jus buah segar
4. Jangan langsung beraktivitas berat atau kembali tidur setelah sahur, beri waktu (30 menit) makanan masuk
ke pencernaan dengan sempurna

Tips Sehat Berbuka
1. Segerakan berbuka ketika masuk dengan minum air putih
2. Utamakan makanan yang manis atau kurma seperti ysng dianjurkan Nabi
3. Satu jam kemudian, makanlah makanan padat dan lengkap secukupnya. 4. Perbanyak minum air putih untuk membantu proses pencernaan.

Sekian Tips Jaga Kesehatan Lambung Saat Puasa Semoga Bermanfaat.

LihatTutupKomentar