-->

Tradisi Berbagai Negara Sambut Ramadhan





Ilustrasi
Foto : Ist
Bulan suci Ramadhan telah datang, Bulan penuh berkah ini disambut dengan gembira oleh semua umat Islam.
Berbagai tradisi menyambut bulan Ramadhan pun dilakukan, tak hanya di Indonesia saja berbagai tradisi dilakukan untuk menyambut bulan suci Ramadhan, di berbagai negara di dunia juga melakukan beragam tradisi untuk menyambut Ramadhan.

Berikut beberapa ragam tradisi menyambut Ramadhan di berbagai belahan negara di dunia, yang dirangkumGhiboo dari berbagai sumber.

Austria
Menjelang Bulan Suci Ramadhan, umat Muslim di negara ini biasanya menggelar kampanye pengumpulan paket lebaran untuk keluarga miskin dan hadiah lebaran untuk anak-anak yatim piatu di Palestina.

Kampanye ini dikordinir oleh organisasi kemanusiaan Palestina yang ada di Austria. Kampanye yang diberi nama Feeding Fasting Palestinians ini mendapat sambutan positif dari umat Muslim Austria.

Albania
Negara lainnya di Eropa yakni Albania juga memiliki tradisi tersendiri guna menyambut datangnya bulan puasa, mereka akan menggelar kesenian yang dinamakan dengan Lodra.

Kesenian ini mirip dengan tradisi memukul bedug di Nusantara, yang membedakan tradisi ini dengan tradisi negara lainnya, adalah penggunaan dua buah bedug.

Dimana masing-masing menggunakan kulit kambing dan domba, pemukulnya sendiri menggunakan dua buah stik yang berbeda sebagai alat pemukulnya, sehingga menghasilkan dua jenis suara yang berbeda pula.

Lodra akan dikombinasikan dengan perkusi serta alat tiup lainnya, sehingga Lodra nampak mirip dengan iringan musik marching band. Seniman Lodra terkadang juga diundang khusus untuk mengiring sahur, atau biasa disebut dengan Syfyr dan buka puasa atau Iftar.

Mesir
Salah satu negara yang berada di Timur Tengah ini mempunyai tradisi yang cukup unik untuk menyambut datangnya Ramadhan.

Biasanya umat muslim di Mesir akan akan memasang lampu tradisional di setiap rumah yang disebut dengan lampu Fanus, tradisi memasang lampu ini diyakini telah ada sejak zaman Dinasti Fattimiyah.

Ketika itu, lampu Fanus dipasang untuk menyambut kedatangan pasukan Raja yang datang berkunjung menjelang datangnya bulan Ramadhan.

Walapun zamannya sudah berubah, masyarakat Mesir masih memasang lampu Fanus. Mereka percaya bahwa dengan memasang lampu ini akan mendatangkan rejeki selama bulan Ramadhan.

Palestina
Tak hanya di Mesir tradisi menyalakan lampu ketika datang bulan Ramadhan dilakukan, di negara Palestina tradisi ini juga dilakukan. Bagi Masyarakat Palestina, tradisi mamasang Lampu di depan rumah mereka di percaya akan diberi kemakmuran.

Nigeria
Di negara ini, mereka menyambut Ramadhan dengan cara berdakwah secara berombongan, mereka akan pergi ke seluruh pelosok negeri untuk menyiarkan Islam, selama Ramadhan ini.


LihatTutupKomentar