9 Sep 2012

Virus-Virus Komputer Legendaris dan Populer Di Abad 20

Abad 20 adalah masa ketika virus komputer mulai booming karena berhasil menyebabkan kerusakan serius, bahkan sampai membuat kerugian secara material. Ketidaksiapan perangkat membuat jutaan pengguna men-download virus tersebut tanpa mengetahuinya.

Memang seiring waktu berjalan, cara terbaik untuk menjaga komputer adalah dengan menginstall antivirus yang mudah ditemui dan mudah digunakan.

Hacker menggunakan berbagai cara untuk menembus sistem universitas dari seluruh dunia, NASA, angkatan bersenjata dan pemerintah. Nah, berikut 7 virus komputer legendaris yang pernah menyerang di abad ke-20

Jerusalem
Virus ini pertama kali ditemukan pada 1 Oktober tahun 1987. Virus ini dijuluki Jerusalem karena diidentifikasi di sebuah kampus bernama Jerusalem University. Akan tetapi pada tahun 1991 para ahli antivirus menemukan bahwa Italia adalah negara pertama yang disusupi virus tersebut.

Jerusalem diyakini sebagai salah satu virus komputer paling tua dalam sejarah komputer karena mampu menginfeksi file EXE dan COM.

Morris alias Internet Worm
Ini diyakini menjadi salah satu worm pertama yang menyebar melalui internet. Nama virus ini muncul dari penciptanya Robert Tappan Morris, yang merupakan seorang mahasiswa di Cornell University.

Worm ini ditemukan pada tanggal 2 November 1988, setelah beberapa waktu sebelumnya berhasil menginfeksi 6.000 sampai 9.000 komputer.

Akibat ulahnya tersebut, Robert Tappan Morris ditangkap serta dinyatakan bersalah dan dihukum 3 tahun masa percobaan dengan 400 jam pelayanan masyarakat. Selain itu, ia harus membayar denda USD 10.000.

Barrotes
Virus komputer ini diyakini dikembangkan di Spanyol. Virus Barrotes membuat heboh pada tahun 1993.

Virus ini menginfeksi file COM dan EXE. Ia juga bisa menyerang Master Boot Record dari HDD, sehingga membuat pengguna komputer kesulitan untuk mengakses hard disk.

Solar Sunrise
Ini bukan nama virus komputer, tapi nama dari situasi yang terjadi pada 1998 ketika sebuah tim hacker berhasil menguasai lebih dari 500 sistem komputer tentara, pemerintah serta sektor swasta dari Amerika Serikat.

Namanya sendiri yang berarti sinar cahaya karena menginfeksi mesin yang berjalan di sistem operasi Sun Solaris. 

Pada awalnya serangan itu diyakini dilancarkan oleh hacker dari Irak, tetapi kemudian ditemukan bahwa yang harus disalahkan adalah dua anak muda dari California, AS.

CIH (alias Chernobyl)
Virus CIH menjadi salah satu yang cukup legendaris, karena menyebabkan kerusakan dan kerugian mencapai sebesar USD 20 juta sampai USD 80 juta di seluruh dunia.

Setelah diluncurkan, virus komputer berhasil mempengaruhi sejumlah besar data yang tersimpan pada komputer. Diketahui virus ini diluncurkan di Taiwan.

Telah diakui menjadi salah satu virus komputer paling berbahaya dalam sejarah. Menginfeksi file Windows 95, 98, dan Millenium Edition (ME). Selain itu, CIH tetap tinggal dalam memori mesin, mampu melanjutkan menginfeksi executable lainnya. Setelah diaktifkan, virus menimpa data pada HDD dari PC yang terinfeksi.

CIH juga bisa menimpa BIOS dari komputer yang terinfeksi, sehingga mencegah boot-up. Nama kedua virus--Chernobyl-- diberikan karena beberapa kerusakan terbesar terjadi pada hari ketika reaktor nuklir meledak.


Melissa
Virus komputer ini berhasil menyebabkan kerugian material yang diperkirakan antara USD300 hingga USD600 juta. Melissa terkenal dan ditemukan pada tanggal 26 Maret 1999.

Para ahli mengklaim bahwa ini virus komputer berhasil menginfeksi antara 15 dan 20 persen dari semua PC bisnis di planet Bumi.

Virus Melissa menyebar begitu cepat sehingga sejumlah perusahaan besar, termasuk Intel dan Microsoft, yang menggunakan Outlook, harus menutup sistem email mereka untuk menahan kerusakan.

Virus komputer memanfaatkan Microsoft outlook untuk mengirim pesan email dari dirinya sendiri ke 50 nama pada daftar kontak pengguna. Virus itu disisipi melalui email, yang saat dibuka ternyata hanya menampilkan animasi The Simpsons.

ILOVEYOU
Dianggap sebagai salah satu worm komputer paling berbahaya dalam sejarah, virus ILOVEYOU pertama kalinya terdeteksi di Filipina pada 4 Mei. Hanya dalam satu hari , virus itu menyebar ke seluruh dunia, dengan sekitar 10 % dari seluruh pengguna internet terkena worm ini. 

ILOVEYOU juga menyebabkan kerusakan hingga USD 5,5 miliar! Namanya sendiri berasal dari subjek email yang diterima pengguna.

Email yang berisi virus ini terdiri dari lampiran yang mengatakan "LOVE-LETTER-FOR-YOU.TXT.vbs". Jika diaktifkan, worm komputer menimpa semua file pada host, menyerang salinan dirinya ke setiap file. Selain itu, worm mengirimkan copy dirinya ke semua orang di daftar kontak pengguna.



ads

Ditulis Oleh : ferdinand hegemur Hari: 07.00 Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Lirik

More on this category »

Info Super 5

More on this category »

Kuliner

More on this category »

Info Super 7

More on this category »

Tips

More on this category »

Info Super 10

More on this category »