13 Okt 2012

Mengenal Macam Macam Perangkat Keras (Hardwere) Komputer

Komputer dapat bekerja jika terdapat unsur-unsur, yaitu perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan pemakai komputer (brainware). Coba kamu lihat Gambar 3.1, pada gambar tersebut terlihat perangkat komputer yang bersifat fisik atau dapat disentuh. perangkat seperti ini dinamakan perangkat keras komputer.

Macam Macam Perangkat Keras Komputer
Perangkat keras? dapat dibagi menjadi tiga bagian berdasarkan cara kerjanya mengolah data. Data berasal dari kata datum yang berarti fakta (kenyataan), yaitu suatu peristiwa yang diambil dari suatu kejadian dan mengandung nilai yang sangat berarti. Data dapat berupa Simbol-simbol, gambar-gambar, huruf, angkaangka. Setelah data diproses melalui suatu pengolahan sedemikian rupa akan menghasilkan informasi yang lebih berguna daripada hanya berupa data. Proses pengolahan data pada komputer mengalami atas tiga tahap, yaitu masukan (input), proses (prosessing), dan keluaran (output).
Jadi, berdasarkan pengolahan datanya, perangkat keras komputer terdiri atas perangkat keras masukan, perangkat keras pemroses, dan perangkat keras keluaran.

1. Perangkat Keras Masukan (Input) dan Fungsinya

Perangkat masukan yaitu perangkat keras komputer yang memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan komputer. Kamu dapat mengunakan peralatan ini untuk memasukan perintah, data atau informasi ke dalam perangkat proses komputer. yang termasuk perangkat masukan di antaranya adalah papan tombol (keyboard), tetikus (mouse), Pemindai (scanner), dan papan permainan (joystick).

a. Papan Tombol (Keyboard)

Keyboard merupakan perangkat keras masukan yang paling sering digunakan. Terdiri atas tomboltombol yang memiliki fungsi-fungsi khusus. Berdasarkan letak dan fungsinya umumnya keyboard terbagi menjadi beberapa kelompok, yaitu tombol ketik (Typeriter keys), tombol sistem (System keys), tombol aplikasi (Application keys), tombol fungsi (Function keys), tombol numerik (Numeric keypad), tombol kontrol (Cursor control keys), tombol ENTER, dan tombol-tombol tambahan.

b. Mouse

Mouse adalah perangkat input yang berfungsi menggerakkan pointer, menunjuk perintah atau program pada layar monitor. Digunakan pula untuk menunjuk atau menempatkan kursor pada suatu posisi di layar, memilih menu bahkan untuk menggambar. Adapun merk mouse yang biasa digunakan di antaranya Quantum, Genius, Logitech, dan Macro.Fungsi-fungsi di dalam mouse sebagai berikut.
  1. Klik satu kali (single clik): artinya menekan tombol kiri mouse secara tepat dan cepat
  2. Klik dua kali (double clik): artinya menekan tombol mouse dua kali secara tepat dan cepat, dapat digunakan pula untuk menjalankan program, membuka dokumen, membuka folder dan sebagainya.
  3. Klik kanan (right clik): artinya menekan tombol kanan mouse secara tepat dan cepat
  4. Klik dan geser (drag): artinya tekan terus tombol kiri mouse kemudian geser posisi tertentu sesuai dengan keinginan dan lepaskan bila posisi yang diinginkan telah tercapai.

c. Scanner

Scanner adalah alat untuk mengkonversi atau mengubah gambar/dokumen manual menjadi gambar/dokumen digital. Adapun merk scanner yang biasa digunakan diantaranya: Cannon, HP, Winpro, Umax, Mustek, Acer dan sebagainya.Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan pemindaian pada Lembar Jawaban Komputer (LJK) pada ulangan umum dan ujian Nasional adalah Scaner IR yang memiliki lampu sensor yang dibuat optik sehingga mengenali jenis pensil 2B.

d. Mikropon dan Head phone

Unit masukan ini berfungsi untuk merekam/ memasukan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikrofon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chatting.

2. Perangkat Keras Proses

Perangkat keras (Hardware) lainnya adalah perangkat keras Proses atau CPU (Central Processing Unit). Perangkat ini merupakan perangkat terpenting dalam komputer yang berfungsi mengontrol kerja keseluruhan sistem komputer. Perangkat proses di antaranya adalah Casing, power Supply, motherboard, Processor, memori, harddisk.

a. Casing

Casing komputer adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan atau menempelkan periperal lain seperti, motherboard, power supply, optical disc drive, harddisk, dan lain sebagainya. Casing terdiri atas dua jenis, yaitu desktop (berbaring) dan tower (berdiri). Casing jenis tower memiliki 3 buah ukuran, yaitu Mini-Tower, Middle-Tower, dan Full-Tower. Pada umumnya, pada panel depan casing terdapat 2 buah tombol (switch). yaitu switch on/off untuk menghidupkan atau mematikan komputer dan switch reset untuk me-restart ulang komputer. Selain itu, ada 2 buah lampu indikator, yaitu lampu indikator power dan lampu indikator harddisk.

b. Power Supply

Power supply adalah sebuah perangkat yang berfungsi menyalurkan arus listrik ke berbagai peralatan komputer yang terdapat di dalam CPU.

c. Motherboard

Motherboard adalah tempat pertemuan segala kegiatan dalam sebuah komputer. Motherboard merupakan sebuah papan rangkaian utama komputer untuk memasang memory, prosessor, dan perangkat lainnya. Berikut ini beberapa tipe motherboard, yaitu motherboard Gigabyte EP55-UD4P, Intel DG31PR/B, Asus P5KPL-AM, dan Asrock 4Core1600P35-WIFI. Pada dasarnya motherboard tersusun atas komponenkomponen seperti pada gambar di bawah ini.
Perangkat Keras Komputer motherboard

d. Processor / CPU (Central Prosesing Unit)

CPU adalah otak dan pusat pengendali berbagai perangkat komputer. CPU memproses Instruksi, melakukan kalkulasi dan mengelola alur informasi yang keluar masuk komputer. CPU dikenal juga sebagai Microprosesor atau processor. Merk processor yang biasa digunakan di antaranya adalah Intel, IBM, dan Cyrix.

e. Memori

Memori merupakan tempat penyimpanan data sementara di dalam komputer. Memori bekerja seperti papan tulis yang secara konstan dan konsisten ditulisi data baru. Data yang di simpan di dalam memori akan hilang pada saat kamu mematikan komputer.
Perangkat Keras Komputer memeori
Kapasitas memori menentukan berapa banyak program yang dapat dijalankan pada saat yang bersamaan dan seberapa cepat program tersebut dapat dijalankan oleh komputer. Memori diukur dalam byte. Biasanya memori berukuran 32 MB, 64 MB, 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB dan seterusnya. Makin besar kapasitas memori maka kecepatan komputer makin tinggi.

3. Perangkat Keras Keluaran (Output)

Perangkat keras selanjutnya adalah perangkat keras keluaran, yakni perangkat yang berfungsi untuk menampilkan hasil pengolahan data yang dilakukan oleh CPU. Perangkat ini di antaranya adalah Monitor, Printer.

a. Monitor dan Kartu Video (Video Card)

Monitor dan kartu Video bekerja bersama-sama untuk menampilkan teks dan gambar dalam layar monitor. Layar Monitor adalah area tampilan dalam sebuah monitor. Monitor merupakan alat tampilan hasil kerja (output). Seperti halnya layar TV yang kamu lihat setiap hari, monitor akan menampilkan apa saja yang kamu ketik.
Perangkat Keras Komputer monitor
Kartu Video adalah sebuah papan sirkuit yang di pasangkan pada slot yang ada di dalam komputer. Kartu Video akan menterjemahkan perintah dari komputer ke dalam bentuk yang dapat dimengerti di layar monitor. Ukuran Monitor merupakan panjang diagonal dari layar monitor, umumnya ukuran Monitor adalah 14, 15, 17, dan 21 Inci. Semakin besar layar monitor maka harganya semakin mahal. Monitor terbagi menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut:
  1. CRT (Cathode Ray Tube) adalah jenis monitor berbentuk tabung, karena menggunkana tabung display
  2. LCD (Liquid Crystal Display) adalah jenis monitor yang memiliki permukaan datar, ukuran simpel dan penggunaan daya yang sangat rendah.

b. Printer

Printer adalah alat cetak informasi atau hasil kerja komputer. Sebuah Printer dapat mencetak dokumen informasi yang tampil di layar monitor. Kecepatan sebuah printer ditentukan dari seberapa cepat printer tersebut dapat mencetak halaman yang kita pilih. Kecepatan diukur dengan menggunakan PPM (Pages Per Minutes), berapa halaman dapat dicetak dalam satu menit. Sebuah halaman yang rumit seperti halaman yang penuh dengan gambar, akan memakan waktu lebih lama untuk di cetak daripada halaman yang hanya berisi Teks.
Perangkat Keras Komputer printer
Resolusi dari sebuah printer menentukan kualitas gambar yang dihasilkan. Semakin tinggi resolusi printer maka gambar yang dihasilkan akan lebih tajam dan ditelnya akan kelihatan lebih jelas. Resolusi printer diukur dengan dpi (dot per inch). Sebuah printer dengan resolusi 600 dpi biasanya sudah cukup bagus untuk dokumen text, dan 1200 dpi untuk mencetak gambar. Merk printer yang biasa digunakan diantaranya HP, Cannon, Epson, Lexmark dan sebagainya.

4. Peralatan Penyimpanan (Storage Devices)

Selain perangkat input, proses dan output, juga terdapat perangkat penyimpanan (storage). Perangkat penyimpanan merupakan media yang dapat menyimpan data, informasi, instruksi maupun program, baik secara permanen maupun sementara yang suatu saat dapat diambil kembali. Beberapa perangkat penyimpanan adalah sebagai berikut.

a. Harddrive / Harddisk

Harddrive merupakan peralatan utama di dalam komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi dalam kapasitas yang besar. Kapasitas harddrive di antaranya 540 MB , 850 MB, 1,2 GB, 1,5 MB, 1,7 MB, 2,1 GB, 3,2 GB, 4 GB, 10 GB, 20 GB, 120 GB, dan seterusnya. Harddrive biasa disebut juga sebagai harddisk, Harddisk Drive atau Fixed Disk Drive. Hard disk secara magnetik akan menyimpan data dalam stack disk yang berputar yang disebut Platter. Sebuah harddisk mempunyai beberapa kepala/ Jarum yang dapat membaca dan menyimpan data di dalam disk.Merk harddisk yang biasa digunakan di antaranya adalah Quantum, Seageate, Maxtor, dan WDC.

b. Removable Disk (Tempat penyimpaan yang dapat dibawa)

Removable disk adalah peralatan untuk memyimpan data dalam kapasitas besar dalam peralatan yang dapat dibawa-bawa. Jenis ini digunakan untuk melakukan back up (cadangan), keamanan, atau untuk transfer data dari satu komputer ke komputer yang lain.


Demikian Postingan kali ini tentang
Mengenal Macam Macam Perangkat Keras (Hardwere) Komputer

ads

Ditulis Oleh : ferdinand hegemur Hari: 06.19 Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Lirik

More on this category »

Info Super 5

More on this category »

Kuliner

More on this category »

Info Super 7

More on this category »

Tips

More on this category »

Info Super 10

More on this category »