-->

Ternyata Bersekolah Lebih Lama Bisa Pertinggi Tingkat Kecerdasan

Sebuah penelitian di Norwegia menunjukkan orang yang bersekolah lebih lama dari rekan seusianya punya skor tes kecerdasan atau IQ lebih tinggi.


Pada pertengahan dasawarsa 1950-an Pemerintah Norwegia mewajibkan setiap anak bersekolah hingga berusia 16 tahun. Sampai tahun 1972 masyarakat harus ikut dalam reformasi pendidikan wajib, yang berarti selama hampir 20 tahun anak-anak di beberapa kota bersekolah sampai tujuh tahun dan lainnya bersekolah hingga sedikitnya sembilan tahun.
Perbedaan lamanya waktu bersekolah itu diteliti oleh Taryn Ann Galloway dari Universitas Oslo. Ia meneliti dampak bersekolah dua tahun lebih lama terhadap perkembangan kecerdasan siswa. Ia mengatakan semua orang muda di Norwegia diwajibkan mengikuti tes kecerdasan atau IQ untuk mengikuti wajib militer pada usia 19 tahun.
Galloway dan koleganya meneliti data 107.000 pemuda yang ikut wajib militer untuk mencari hubungan antara lamanya mereka bersekolah dengan skor tes IQ yang diperoleh dari data militer.
Skor IQ rata-rata adalah 100, dan kebanyakan penduduk  mendapat skor antara 85 hingga 115.
Galloway mengatakan siswa yang bersekolah dua tahun lebih lama mendapat IQ yang lebih tinggi hingga 7 poin. Mereka yang menjalani wajib sekolah setahun lebih lama mendapat kenaikan poin IQ sekitar 3.7
Ia mengatakan bersekolah dua tahun lebih lama pada masa remaja bisa membantu menaikkan skor IQ.


Sumber :  voanews.com
LihatTutupKomentar