-->

Fungsi Protein Bagi Tubuh Kita

Pasti pernah dengar kata protein kan? iya..yang kita tahu protein adalah salah satu zat yang terdapat dalam makanan. Fungsi protein sangat penting bagi tubuh kita. Yuk kita lihat lebih jauh tentang apa itu protein dan apa saja fungsi dari protein bagi tubuh kita.
Protein adalah senyawa organik kompleks berbobot molekul tinggi yang merupakan polimer dari monomer-monomer asam amino yang dihubungkan satu sama lain dengan ikatan peptida. Molekul protein mengandung karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen dan kadang kala sulfur serta fosfor. Protein berperan penting dalam struktur dan fungsi semua sel makhluk hidup dan virus.Kebanyakan protein merupakan enzim atau subunit enzim. Jenis protein lain berperan dalam fungsi struktural atau mekanis, seperti misalnya protein yang membentuk batang dan sendi sitoskeleton.
Fungsi Protein Bagi Tubuh Manusia
Terdapat di makanan apa aja nih zat protein? Protein bisa kamu jumpai di makanan berupa Daging, Ikan, telur, susu, tumbuhan berbiji, kacang-kacangan, kentang dan lainnya.

Fungsi Protein

Berikut adalah fungsi protein bagi tubuh kita:
  1. Protein adalah bahan yang digunakan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh.
  2. Protein juga sebagai bahan pembentuk senyawa kimia seperti enzim yang berperan penting dalam mengatur berbagai proses yang terjadi di dalam tubuh.
  3. Protein dapat menjadi sumber energi
  4. Pengatur keseimbangan kadar asam basa dalam sel
  5. Protein berfungsi sebagai Media perambatan impuls syaraf. Protein yang mempunyai fungsi ini biasanya berbentuk reseptor, misalnya rodopsin, suatu protein yang bertindak sebagai reseptor penerima warna atau cahaya pada sel-sel mata.
Nah itu dia teman-teman Fungsi Protein Bagi Tubuh Kita, sangat berguna ya bagi kita.
LihatTutupKomentar