-->

Pengertian & Kategori Investasi

Pengertian atau definisi investasi secara sederhana adalah menempatkan uang atau dana dengan harapan untuk memperoleh tambahan atau keuntungan atas uang atau dana tersebut. Menurut wikipedia Indonesia, investasi adalah suatu istilah dngan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Istilah tersebut berkaitan dengan akumilasi suatu bentuk aktiva dengan suatu harapan mendapatkan keuntungan di masa depan. Terkadang, investasi disebut juga penanaman modal.

Pengertian investasi berdasarkan teori ekonomi, investasi berrati pembelian (dan berarti juga produksi) dari kapital/modal barang-barang yang tidak dikonsumsi tetapi digunakan untuk produksi yang akan datang (barang produksi). Contoh membangun rel kereta api, atau suatu pabrik, pembukaan lahan atau seseorang sekolah di suatu universitas.
Pengertian Investasi dan Kategori Investasi
Suatu pertambahan pada pendapatan akan mendorong investasi yang lebih besar, artinya bila tingkat bunga lebih tinggi akan menurunkan minat untuk investasi sebagaimana hal tersebut akan lebi mahal dibandingkan dengan meminjam uang. walaupun jika suatu perusahaan memilih untuk menggunakan dananya sendiri untuk investasi, tingkat bunga menunjukkan suatu biaya kesempatan dari investasi dana tersebut daripada meminjamkan untuk mendapatkan bunga.

Kategori Investasi

Ada dua kategori investasi yang selama ini kita kenal, yaitu:
  1. Real assets (aset riil), yakni: investasi yang dilakukan pada aktiva yang berwujud seperti gedung, kendaraan, mesin dan sebagainya.
  2. Financial Assets (aset keuangan), yakni: investasi yang dilakukan pada dokumen (surat-surat) klain tidak langsung pemiliknya terhadap aset riil pihak yang menerbitkan dokumen tersebut.

Perbedaan Menabung dan Investasi

Hal mendasar yang membedakan menabung dengan berinvestasi adalah adanya ketidakjelasan dalam hal:
  • Tujuan atau kebutuhan secara spesifik, misal: untuk pendidikan anak, memiliki rumah atau persiapan pensiun.
  • Seberapa besar dana yang dibutuhkan untuk tujuan dimaksud
  • Kapan kebutuhan itu diperlukan dan berapa lama (jangka waktu) untuk mencapai waktu tersebut.
  • Pilihan/alternatif investasi yang tersedia untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Strategi untuk mencapai tujuan tersebut.


Ituah Sekilas Tentang Pengertian & Kategori Investasi.
Semoga Bermanfaat...
LihatTutupKomentar