-->

Tips Menurunkan Darah Tinggi (Hipertensi)

Menurunkan darah tinggi bagi orang yang hipertensi merupakan hal yang perlu diprogramkan secara tepat, termasuk diantaranya dengan mengubah kebiasaan dan gaya hidup. Hal ini dikarenakan menurunkan tekanan darah tinggi sangat erat kaitannya dengan nutrisi atau makanan yang kita makan sehari-hari dan kebiasaan. Tekanan darah tinggi membuat jantung bekerja lebih keras. Hal ini meningkatkan risiko penyakit jantung, penyakit ginjal, stroke dan komplikasi lainnya yang jelas dapat berujung pada kematian.

Gaya hidup memainkan peran penting dalam menurunkan darah tinggi. Jika kita berhasil mengontrol tekanan darah dengan gaya hidup sehat, kita dapat menghindari, menunda atau mengurangi kebutuhan akan obat-obatan dalam rangka menurunkan darah tinggi.


Menurunkan darah tinggi dengan gaya hidup sehat

Berikut adalah perubahan gaya hidup dapat dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaganya tetap turun.

Latihan teratur

Aktivitas fisik secara teratur – setidaknya 30 sampai 60 menit hari dalam seminggu – dapat menurunkan darah tinggi 4 sampai dengan 9 mmHg. Orang jika berada dalam kondisi prehipertensi olahraga dapat membantu Anda menghindari mengembangkan hipertensi. Sedangkan mereka yang sudah memiliki hipertensi, aktivitas fisik secara teratur dapat membawa tekanan darah ke tingkat yang lebih aman.

Makan makanan yang sehat

Makan makanan yang kaya akan biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan produk susu rendah lemak jenuh dankolesterol dapat menurunkan tekanan darah hingga 14 mmHg. Rencana makan ini dikenal sebagai Pendekatan Diet untuk Stop Hipertensi (DASH).

Kurangi garam dalam diet

Bahkan pengurangan kecil di natrium dalam diet anda dapat menurunkan darah tinggi 2 sampai 8 mmHg. Rekomendasi untuk mengurangi natrium adalah:

· Batasi natrium untuk 2.300 miligram (mg) per hari atau kurang.

· Tingkat yang lebih rendah natrium – 1.500 mg per hari atau kurang – cocok untuk orang 51 tahun atau lebih tua

Hindari produk tembakau dan asap rokok

Di atas semua bahaya lain dari merokok, nikotin dalam produk tembakau dapat meningkatkan tekanan darah 10 mmHg atau lebih hingga satu jam setelah anda merokok. Merokok sepanjang hari berarti tekanan darah akan tetap terus-menerus tinggi. Anda perlu menghentikan kebiasaan merokok ini untuk menurunkan darah tinggi.

Demikian Post. Kali Ini Mengenai Tips Menurunkan Darah Tinggi (Hipertensi) semoga bermanfaat.
LihatTutupKomentar