27 Okt 2012

Beberapa Tips Merawat Kesehatan Pendengaran anda


Anak-anak, remaja, bahkan orang tua yang menggunakan earphone tentu sudah bukan pemandangan yang asing bagi Anda. Mereka menggunakannya untuk mendengarkan musik yang mereka sukai.
Tentu saja mendengarkan musik melalui earphone atau alat lainnya diperbolehkan. Namun Anda harus tahu kapan harus membatasi penggunaannya untuk melindungi pendengaran Anda.
Beberapa tips berikut ini bisa membantu Anda untuk menjaga kesehatan pendengaran sehari-hari, seperti dilansir oleh Times of India
1. Gunakan penyumbat telinga
Semakin bising suara yang menerpa telinga, maka semakin besar kemungkinan suara itu akan merusak pendengaran Anda. Lindungi telinga menggunakan penyumbat atau penutup telinga. Segera menjauh dari penyebab kebisingan.
2. Memilih alat terbaik
Jika ingin menggunakan earphone atau headphone, maka pilihlah yang memiliki teknologi 'noise cancelling'. Jangan pilih earphone dengan penutup karena ini menyebabkan Anda ingin meningkatkan volume.
3. Biarkan telinga beristirahat
Jangan terus-terusan memakai earphone dna mendengarkan musik melalui iPod atau pemutar MP3 dalam waktu yang lama. Gunakan hanya ketika Anda butuhkan saja.
4. Kecilkan volume MP3
Jangan dengarkan musik dalam volume yang tinggi. Jangan sampai suara yang dikeluarkan oleh earphone terdengar keluar.
5. Tahu saat suara terlalu keras
ketika suara yang dikeluarkan earphone terasa mengganggu telinga Anda, atau ketika orang di sebelah Anda bisa mendengarkan suara tersebut, maka itu berarti terlalu keras. Selain mengganggu orang lain, suara yang terlalu keras juga bisa merusak telinga Anda.
6. Membuat aturan
Anda bisa menerapkan aturan tertentu, seperti mendengarkan musik dengan volume maksimal 50 persen, atau mendengarkan musik melalui earphone maksimal 90 menit sehari, dan lainnya. Tentu saja, aturan ini harus Anda patuhi sendiri.
7. Membersihkan telinga
Jangan gunakan cotton bud saat membersihkan telinga. Sebaiknya, teteskan minyak zaitun ke telinga setiap minggu sekali untuk membantu cairan lengket di telinga keluar secara alami.
8. Gunakan teknologi
Jika ingin membeli MP3, pilihlah yang memiliki fitur 'smart volume'. Fitur ini akan mengingatkan Anda untuk menjaga ketinggian volume musik jika terlalu kencang.
9. Mengganti earphone
Segera ganti earphone ketika milik Anda sudah terlihat sedikit rusak. Jangan tunggu sampai benar-benar tidak berfungsi. Karena Anda tak tahu jika kerusakan tersebut bisa berdampak pada kesehatan telinga Anda.
10. Jangan tunda
Ketika Anda mulai merasakan ada yang tidak beres dengan kemampuan pendengaran Anda, segera periksakan ke dokter. Jangan menunggu hingga parah atay menunda-nunda. Lebih cepat diketahui, maka kelainan akan lebih cepat dirawat dan disembuhkan.
Itulah sepuluh cara yang bisa Anda perhatikan untuk melindungi pendengaran Anda, baik ketika menggunakan earphone atau tidak. Jangan sepelekan dampak suara keras pada telinga Anda, karena meski terlihat kecil, kebiasaan buruk yang dipelihara bisa menyebabkan kerusakan pada kesehatan Anda sendiri.

ads

Ditulis Oleh : ferdinand hegemur Hari: 14.05 Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Lirik

More on this category »

Info Super 5

More on this category »

Kuliner

More on this category »

Info Super 7

More on this category »

Tips

More on this category »

Info Super 10

More on this category »