18 Jun 2012

Klaim Malaysia Terhadap Beberapa Budaya Indonesia


Postingan Ini, Bukannya Tuk Mengadu domba atau menguji kesabaran ataupun memanasmanasi keadaan, tapi postingan saya ini sesuai kebenaran.
selamat membaca...!!!

1.Batik

Klaim Malaysia atas batik sangat meresahkan perajin batik Indonesia. Bangsa ini harus segera menghapus bayang-bayang yang meresahkan itu agar perajin batik Indonesia di kemudian hari tidak perlu memberi royalti kepada negara lain.

Perajin batik Pekalongan, Romi Oktabirawa, mengatakan hal itu dalam pembentukan Forum Masyarakat Batik Indonesia di Jakarta. Romi mengatakan, generasi batik masa lampau hanya melihat kompetisi antarperajin di dalam negeri. Kini, sudah saatnya perajin batik bersatu, menunjukkan eksistensi bahwa batik adalah warisan budaya Indonesia.

Untuk melestarikannya, Pemerintah Indonesia akan menominasikan batik Indonesia untuk dikukuhkan oleh Unesco sebagai Warisan Budaya Tak Benda (Intangible Cultural Heritage).

2.Tari Pendet

Geram dan marah muncul dari masyarakat Indonesia menyikapi klaim kebudayaan yang dilakukan Malaysia. Berbagai aset budaya nasional dalam rentang waktu yang tak begitu lama, diklaim negara tetangga. Pola pengklaimannya pun dilakukan melalui momentum formal kenegaraan. Seperti melalui media promosi ‘Visit Malaysia Year’ yang diselipkan kebudayaan nasional Indonesia.

3. Lagu Rasa Sayange

kita mengenali lagu tersebut sebagai lagu daerah yang berasal dari daerah Maluku. Sebuah lagu khas yang sering dinyanyikan di berbagai event kesenian saat kita masih di sekolah dasar dahulu. Tapi negeri tetangga itu malah menyebut itu lagu mereka...wah gimana tuh. kan lucukan. 


4 Tarian Tor Tor

Kali ini Tarian Tor-tor dan Paluan Gordang Sembilan masyarakat  Mandailing, Sumatera Utarapun yang nyata-nyata adalah milik indonesia,,,eh  diklaim sebagai salah satu warisan budaya negara Malaysia.
aduuuh Pusing Deh Gan....


Sebenarnya sih,,,masih banyak sih Agan-agan Budaya Indo yang di klaim,,,tapi cukup yang di atas aja deh yang ane sajiin pada postingan ini...
Thanks Dah Mampir tuk baca,,,GB.


ads

Ditulis Oleh : ferdinand hegemur Hari: 21.46 Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Lirik

More on this category »

Info Super 5

More on this category »

Kuliner

More on this category »

Info Super 7

More on this category »

Tips

More on this category »

Info Super 10

More on this category »