8 Jun 2012

Makanan Ekstrim Asal Indonesia

Indonesia, negara yang terkenal akan keramahan penduduknya, juga keaneka ragaman budaya, flora dan faunanya. Karena keanekaragaman itulah, akhirnya Indonesia juga mempunyai jutaan kuliner yang berasal dari tiap tiap daerah, suku, dan kebudayaan didalamnya. Nah, pada kesempatan kali ini, kita bakal ungkap makanan ekstrim Indonesia yang paling aneh, tapi tidak aneh bagi penduduk sekitarnya.


Bothok Tawon

Makanan ekstrim yang pertama adalah “Bothok Tawon”. Bothok tawon merupakan salah satu makanan yang bahan makanannya adalah sarang tawon atau sarang lebah. Menurut wikipedia, Bothok adalah makanan khas Jawa yang terbuat awalnya dari ampas/bungkil kelapa yang sudah diambil sarinya (santan). Ampas kelapa ini kemudian dibumbui dengan cabai, garam, merica dan daun salam, serta tidak ketinggalan bahan yang paling penting: sarang tawon. Bahan-bahan tersebut akhirnya dibungkus dalam daun pisang, yang kemudian dikukus dalam uap panas.


Lawar Bali
Makanan ekstrim yang kedua berasal dari Bali. Perkenalkan “Lawar Bali”. Lawar Babi harus diperhatikan oleh kaum muslimin karena makanan ini bahan utamanya adalah daging babi. Jadi daging babi, darah babi segar, parutan kelapa dan bumbu-bumbu dicampur secara proporsional hingga menciptakan rasa yang agak mistis (namun tetap disukai oleh penduduk sekitar). Darah babi ditambahkan untuk memberi warna merah yang diharapkan akan membangkitkan selera makan. Awalnya, Lawar Bali ini digunakan untuk sajian pada upacara, baik upacara adat maupun upacara keagamaan. Namun kini Lawar Bali dapat ditemukan dijual di warung-warung, rumah makan, bahkan hotel berbintang di Bali.

Rujak Cingur
Makanan ekstrim ketiga kita sering kita jumpai di Jakarta kok walaupun aslinya dari Surabaya. “Rujak Cingur” atau juga dikenal dengan Rujak Hidung. Kenapa namanya rujak hidung? Karena memang terbuat dari hidung. Cingur adalah bagian moncong (hidung dan mulut) dari sapi. Rujak cingur amat nikmat apabila disajikan dengan sambal petis. Untuk yang belum pernah mencoba pasti jijik pada awalnya, tapi sampai saat ini, peminat rujak cingur cukup banyak kok.



Sup Ceker Ayam

Makanan ekstrim keempat kita bisa dibilang tidak terlalu ekstrim, kecuali kalo kamu orang bule. Sudah sering kita makan setiap harinya, inilah “Sup Ceker Ayam”. Boleh dibilang, Asia merupakan benua dimana setiap bagian dari hewan kita manfaatkan, lihat saja ceker ayam tersebut atau jeroan, dimana di negara barat kedua bagian hewan tersebut hanya diproses menjadi makanan hewan peliharaan. Padahal orang-orang bule itu ga tau ya, kalo gizi dan protein dari ceker ayam ini sangat tinggi, sampai-sampai para tabib China jaman dahulu, menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku untuk banyak obat dan jamu untuk raja dan ratu.

Rempeyek Laron
Balik lagi ke jawa, sekarang kita punya “Rempeyek Laron” sebagai makanan ekstrim Indonesia kelima kita kali ini. Pernah tahu hewan yang terbang setelah hujan keluar, biasanya kita temui dekat lampu depan rumah. Namanya laron, hasil metamorfosis perubahan dari rayap kayu yang keluar setelah hujan. Oleh para penduduk, dijadikan bahan rempeyek.




Itulah Makanan Ekstrim Asal Indonesia  Semoga anda berminat tuk mencobanya.
hehe

Lanjutkan Baca......
Makanan Ekstrim Asal Indonesia Bagian 2

Dan....

Makanan Ekstrim Asal Indonesia Bagian 3

ads

Ditulis Oleh : ferdinand hegemur Hari: 00.28 Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Lirik

More on this category »

Info Super 5

More on this category »

Kuliner

More on this category »

Info Super 7

More on this category »

Tips

More on this category »

Info Super 10

More on this category »